PROFIL

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE-AUB) Surakarta merupakan pengembangan dari Akademi Keuangan dan Perbankan (AUB) Surakarta yang berdiri sejak 17 Februari 1969. Sebagai institusi pendidikan, STIE-AUB Surakarta cukup dewasa dan pengalaman dalam mengelola dan mempersiapkan para mahasiswa menjadi kader-kader pemikir yang profesional dan akademik.

Menyadari era globalisasi akan membawa situasi kompetisi di segala aspek kehidupan, maka STIE-AUB Surakarta terus berbenah untuk mengembangkan dan menyempurnakan perangkat lunak maupun perangkat keras yang ada sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat agar senantiasa mampu mengemban misi.

VISI

Pada Tahun 2021 Program Diploma Tiga Manajemen Informatika menghasilkan lulusan Teknisi Manajemen Informatika Bisnis berbasis kompetensi global dengan tata kelola yang unggul

 

Kata ”berbasis kompetensi global” bermakna bahwa lulusan Prodi D3 Manajemen Informasi (MI) STIE-AUB disamping memiliki ijasah memiliki sertifikat kompetensi Manajemen Informasi yang berlisensi nasional; sedangkan kata “tata kelola unggul” berarti bahwa Prodi D3 MI STIE-AUB dikenal dalam melaksanakan aspek kegiatan menerapkan Panduan Mutu Standar Nasional Pendidikan

 

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam bidang Manajemen Informatika Bisnis yang berorientasi pada kompetensi lulusan.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif.
  3. Menginternalisasi Nilai-nilai, Independensi, Integritas, Inovatif dan Akuntabilitas untuk memiliki tata kelola yang unggul

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi Manajemen Informatika Bisnis yang bertata nilai unggul mampu bekerja dan bersaing pada masyarakat global.
  2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah dibidang Manajemen Informatika Bisnis berkaitan dengan isu-isu global dan mengedepankan profesionalitas dan etika.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan isu-isu global dan mengedepankan profesionalitas

 

SASARAN

No

Isu Strategis

Program

Kegiatan

Indikator

Base

line

Target Capaian

2016/17

2017/18

2018/19

2019/20

2020/21

1

Citra Prodi D3 MI

1.  Peningkatan Status Akreditas

1.  Menyiapkan borang akreditasi prodi, evaluasi diri, dan borang institusi sesuai ketentuan BAN-PT

Peringkat Akreditasi

C

B

B

B

B

A

1.  Pengembangan Penerimaan Mahasiswa Baru

2. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi D3 MI:

 

    Mahasiswa Baru

Jumlah Mawa

70

70

70

80

80

80

3.  Publikasi Program Study

1. Pengembangan Website Prodi D3 MI

Pemutakhiran Web

2. Pembuatan Profile

Pemutakhiran Buku

3. Publikasi Media Cetak

Volume Publikasi

2

2

3

3

3

4

4. Publikasi Media Elektronik

Volume Publikasi

2

2

3

3

3

3

5. Citra kegiatan ilmiah dengan melaksanakan Seminar

 

1.Lokal

Jumlah Kegiatan

2

2

2

2

2

2

2.Nasional

Jumlah Kegiatan

1

1

1

1

1

1

 2.

Kualitas Lulusan

1.  Peningkatan Kualitas Proses Belaja

1. Menetapkan Relevansi Beban mengajar Dosen

Beban Mengajar (SKS)

12

12

12

12

12

12

2. Koordinasi dosen dalam Rencana Program Pembelajaran (RPS) mata kuliah

Frekuensi Per-Semester

2

2

2

2

2

2

3. Mengembangkan e- learning pembelajaran

Jumlah modul

e-learning yang dihasilkan

 

1

2

3

4

5

6

4. Monitoring dan Evaluasi Perkuliahan oleh Dosen Koordinator dan atau kaprodi

Frekuensi per-Semester

2

2

2

2

2

2

5. Sertifikasi Kompetensi Lulusan

Jumlah Mhs Bersertifiat

0%

0%

30%

60%

90%

100%

6. Penilaian Proses Perkuliahan oleh Mahasiswa

Frekuensi per-Semester

1

1

1

1

1

1

2.  Peningkatan Relevensi Kurikulum

1. Me-review kurikulum Prodi D3 MI

Pemuthakiran kurikulum

2. Mengevaluasi Silabus, Kontrak Perkuliahan, dan Satuan Acara Perkuliahan Prodi D3 MI

Pemutakhiran Silabus,

Kontrak Perkuliahan, dan RPS

3. Menyusun modul /buku ajar

Jumlah buku ajar

5

5

20

25

30

40

4. Meng-update buku praktik/laboratorium

 

a.Praktik MI

Pemuthakiran buku

b.Praktik Komputer

Pemuthakiran buku

c.Praktik Pengauditan

Pemuthakiran buku

d.         Aplikasi TI untuk MI

Pemuthakiran buku

e.Laboratorium Bahasa

Pemuthakiran buku

5. Mereview Kurikulum sejalan dengan Uji Kompetensi

Pemuthakiran kurikulum

3.  Peningkatan Kualitas Tugas Akhir

1. Mengevaluasi Pedoman Penulisan Tugas akhir

Pemutakhiran Pedoman

2. Menetapkan jumlah maksimum bimbingan D3 oleh setiap dosen pembimbing per semester

Jumlah mahasiswa

4

4

6

8

8

8

3. Menetapkan jumlah minimum pertemuan konsultasi mahasiswa dengan dosen pembimbing

Frekuensi Konsultasi

6

10

10

10

12

12

4. Monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut pembimbingan mahasiswa oleh dosen pembimbing

Frekuensi Per-Semester

2

2

2

2

2

2

4.  Peningkatan Kinerja Lulusan

1. Meningkatkan IPK lulusan Prodi D3 MI

IPK

3,0

3,0

3,2

3,3

3,4

3,5

2. Mempercepat masa studi lulusan Prodi D3 MI

Masa Studi (Tahun,bulan)

3,0

3,0

2,9

2,8

2,7

2,5

3.      

Penelitian dan

Pengabdian kepada

Masyarakat

1.  Peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa

1. Mewajibkan dosen Prodi D3 MI untuk melakukan penelitian mandiri dan kelompok masing-masing minimal 1 kali dalam 1 tahun akademik dengan dana internal:

 

a. Penelitian Mandiri

Jumlah Penelitian

3

3

4

5

6

7

b. Penelitian Kelompok

Jumlah Penelitian

3

4

4

5

6

7

2. Mendorong dosen Prodi D3 MI untuk melakukan penelitian dengan dana Hibah Ristek Dikti:

 

a.Penelitian Hibah P.Dasar

Jumlah Penelitian

1

2

3

4

5

6

b.Penelitian Hibah P.Terapan

Jumlah Penelitian

1

2

3

4

5

6

c.Penelitian Hibah Penel. Kapasitas

Jumlah Penelitian

2

2

3

4

5

6

3. Pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen

Jumlah Dosen

2

3

4

5

6

7

2.  Peningkatan kualitas  dan relevansi penelitian dosen

1. Mengikutsertakan dosen Prodi D3 MI pada Training for Trainer(TOT) Metodologi Penelitian

Jumlah Dosen

1

1

1

1

1

1

2. Menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian dan analisis data

Frekuensi Pelatihan

2

2

2

2

2

2

3. Menyelenggarakan kegiatan pendampingan penyusunan proposal penelitian

Frekuensi Pendampingan

2

2

2

2

2

2

4. Meningkatkan keterlibatan pusat studi dalam kegiatan penelitian MI

Keterlibatan Pusat Studi

0

1

1

2

2

2

3.  Peningkatan karya penelitian dosen untuk memperoleh Paten dan HaKI

Merencanakan penelitian unggulan dosen yang dapat diajukan untuk memperoleh Paten dan HaKI

 

 

 

 

 

 

 

1.Hasil Penelitian

Jumlah Penelitian

0

1

2

3

4

5

2.Buku Ajar

Jumlah Buku

0

1

2

3

4

5

4.  Peningkatan jumlah, kualitas, dan relevansi kegiatan pengabdian kepada masyarakat

1. Mewajibkan dosen Prodi D3 MI untuk melakukan PKM mandiri dan kelom pok masing-masing minimal 1 kali dalam 1 tahun akademik dengan dana internal maupun eksternal:

 

a.PKM Mandiri

Jumlah Dosen

6

6

6

6

6

7

Jumlah Keg PKM

3

6

6

6

6

7

b.PKM Kelompok

Jumlah Dosen

6

6

6

6

6

7

Jumlah Keg PKM

3

6

6

6

6

7

2. Pelibatan mahasiswa Prodi D3 MI dalam kegiatan PKM

 

Jumlah Keg PKM

3

6

6

6

6

7

3. Menyelenggarakan kegiatan pendam pingan penyusunan proposal PKM

 

Frekwensi Pendampingan

2

2

2

2

2

2

4. Meningkatkan keterlibatan pusat studi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat

 

Keterlibatan Pusat Studi

2

2

2

2

2

2

4.

Budaya Kerja dan Budaya Akademik

1.  Membangun budaya kerja danbudaya akademik yang baik bagi sivitas akademika Prodi D3 MI

1. Sosialisasi visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi D3 MI kepada sivitas akademika dan stakeholder

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi D3 MI tersosialisasi

2. Menetapkan secara tepat reward system untuk dosen Prodi D3 MI berprestasi.

Aturan reward system

3. Melakukan penilaian kinerja dosen Prodi D3 MI dengan peer review.

 

Frekuensi peer review

2

2

2

2

2

2

2.  Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa Prodi D3 MI dalam kegiatan ilmiah

1. Mengaktifkan kegia tan diskusi seminar rutin berkaitan dengan perkemba ngan ilmu MI

 

Frekuensi diskusi

2

2

2

2

2

2

2. Mendorong penulisan dan presentasi karya ilmiah bidang MI pada seminar/ simposium nasional:

 

a.   Dosen

Jumlah artikel

3

3

3

3

4

4

b.   Mahasiswa

Jumlah artikel

0

1

1

2

2

2

3. Mendorong penuli san dan presentasi karya ilmiah pada seminar/simp. Internasional

 

a.   Dosen

Jumlah artikel

3

3

3

3

3

4

b.   Mahasiswa

Jumlah artikel

0

1

1

2

2

2

4.Mengikut sertakan dosen pada seminar/ simposium nasional/internasional

 

Jumlah Dosen

3

4

5

6

7

7

1.  Peningkatan produktivitas dosen dan mahasiswa Prodi D3 MI dalam menulis dan publikasi karya ilmiah.

1. Mendorong penuli san dan publikasi karya ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional:

 

a.  Dosen

Jumlah artikel

1

2

2

3

4

4

b.  Mahasiswa

Jumlah artikel

0

1

2

2

2

2

2. Mendorong penuli san dan publikasi karya ilmiah pada jurnal terakreditasi internasional:

 

a.   Dosen

Jumlah artikel

3

5

5

5

7

7

b.   Mahasiswa

Jumlah artikel

0

1

1

1

1

2

3. Mengikutsertakan dosen pada pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah

Jumlah Dosen

2

2

2

2

2

2

2.  Memperluas kesempatan dan akses publikasi karya ilmiah Prodi D3 MI

1. Memanfaatkan portal online jurnal ilmiah:

 

   Jurnal “informatika”

Pemanfaatan portal online

2. Merancang tambahan portal jurnal online

informatika sebagai media publikasi karya ilmiah bidang MI

 

 

 

Kesiapan Online

3. Mendaftarkan portal online “http://d3mi.stie-aub.ac.id/jurnal/index.php” ke LIPI untuk memperoleh ISSN

 

 

Memperoleh ISSN

 

 

4.Merencanakan portal online http://d3mi.stie-aub.ac.id/jurnal/index.php untuk memperoleh Akreditasi Dikti

 

 

 

 

Status Terakreditasi

-

 

 

 

 

 

5. Menjalin kerjasama publikasi ilmiah Prodi D3 MI dengan PT lain

 

Jumlah Publikasi

1

2

3

4

5

6

6. Berlangganan E-Journal kelompok ProQuest

Kontinyuitas Melanggan

5.

 

Kualitas Sumberdaya Manusia dan Infrastruktur

1.  Peningkatan profesionalisme pegawai (tenaga kependidikan) Prodi  D3 MI

Mengikutsertakan pegawai (tenaga kependidikan) Prodi D3 MI dalam program pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang kerjanya

 

Jumlah Pegawai

2

2

2

2

2

2

2.  Peningkatan kualifikasi/ profe-sionalisme dosen Prodi D3MI

1. Mengusulkan penugasan dosen untuk melaksana kan studi lanjut, di dalam negeri maupun di luar negeri

 

Juml. dosen studi S3

3

1

1

1

1

1

2. Mengikuti program sertifikasi dosen

Jumlah Dosen Bersertifikat

3

3

4

4

4

5

3. Mendorong dosen untuk mengikuti pendidikan/ujian sertifikasi profesi

 

a.Sertifikasi Perbankan Syariah

Jumlah Dosen

-

1

1

-

-

-

b.Sertifikat Assesor BNSP

Jumlah Dosen

2

1

1

1

1

1

c.Sertifikat Auditor BNSP

Jumlah Dosen

2

1

1

1

1

1

4. Mendorong dosen untuk menjadi anggota organisasi/asosiasi profesi dan/atau keilmuan, di dalam negeri maupun luar negeri:

 

a. Anggota APTIKOM

Jumlah Dosen

7

7

7

7

7

7

b. Anggota IAPI

Jumlah Dosen

-

-

-

-

-

-

3.  Perbaikan Rasio Dosen Tetap Terhadap Mahasiswa Prodi D3  MI

Mengalokasikan homebase dosen tetap Prodi D3 MI

 

a.    Dosen berkualifikasi S2

Jumlah Dosen

7

7

7

8

8

8

b.    Dosen berkualifikasi S3

Jumlah Dosen

0

1

1

2

3

3

4.  Penyediaan Prasarana dan Sarana Utama Prodi D3 MI

1. Penyediaan Prasarana Utama:

 

1.Ruang Kuliah Prodi D3 MI

Jumlah Kelas

6

6

6

6

6

6

2.Ruang Laboratorium

Jumlah Ruang

5

5

5

5

5

5

3.Ruang Perpustakaan

Jumlah Ruang

1

1

1

1

1

1

4. Ruang Seminar

Jumlah Ruang

2

2

2

2

2

2

5.Ruang Dosen (luas >4m2 per dosen)

Jumlah Ruang

7

7

7

7

7

7

6. Ruang Edukasi Pasar Modal

Pojok Bursa

1

1

1

1

1

1

2. Penyediaan Sarana Utama:

 

a.Komputer

-   Ruang Kuliah

Jumlah Komputer

0

1

1

2

2

2

-   Laboratorium (LSB)

Jumlah Komputer

25

25

25

25

25

25

-   Laboratorium Komputer

Jumlah Komputer

30

30

30

30

30

30

-   Laboratorium Bahasa

Jumlah Komputer

30

30

30

30

30

30

-   Ruang Edukasi Pasar Modal (Pojok BEI)

Jumlah Komputer

15

15

15

15

15

15

b.LCD Projector

 

-   Ruang Kuliah

Jumlah LCD Projector

2

2

2

2

2

2

-   Ruang Seminar

Jumlah LCD Projector

1

1

1

1

1

1

-   Laboratorium (LSB)

Jumlah LCD Projector

1

1

1

1

1

1

-   Laboratorium Komputer

Jumlah LCD Projector

1

1

1

1

1

1

-   Laboratorium Bahasa

Jumlah LCD Projector

1

1

1

1

1

1

c.Sambungan Internet

Kapasitas Bandwidth (GB)

5

5

5

5

5

10

6.

Tatalaksana Organisasi dan Manajemen

1.  Melaksanakan fungsi koordinasi sesuai Perubahan

Struktur Organisasi STIE-AUB

Pengoordinasian tugas pokok dan fungsi Program Studi D3 MI dengan Wakil Ketua I dan  II

Efisiensi/ Efektivitas Pengawasan dan Pengendalian

50%

90%

90%

95%

95%

100%

2.  Koordinasi dengan Pusat Penjaminan Mutu (PMI) dalam Pengelolaan Program Studi D3 MI

1. Me-reviewdan menyempurnakan SOP Prodi D3 MI secara berkelanjutan

Keandalan dan Relevaansi SOP

75%

90%

90%

100%

100%

100%

2. Memantapkan sistem penjaminan mutu Prodi D3 MI

 

Keandalan SPM

60%

80%

80%

90%

100%

100%

3.  Melaksanakan sistem penyusunan program kerja dan Penganggaran terpadu

Melaksanakan sistem penyusunan program kerja dan penganggaran terpadu, dengan fokus pada pengembangan Prodi D3 MI

 

Sistem Penganggaran

Terpadu

50%

80%

80%

90%

100%

100%

4.  Meningkatkan ketertiban Pelaksanaan program kerja dan Penggunaan anggaran

Melakukan monitoring dan evaluasi:

 

a.  Pelaksanaan program kerja

Ketertiban Pelaksanaan

80%

90%

90%

100%

100%

100%

b. Pengajuan dana kegiatan

Ketertiban Waktu

80%

95%

95%

95%

100%

100%

c.  Penggunaan dana/anggaran

Ketertiban Penggunaan

80%

95%

90%

95%

100%

100%

d.  Pertanggungjawaban keuangan

Ketertiban Pelaporan

80%

95%

90%

95%

100%

100%

7.

 

Sistem Informasi Manajemen

1.  Meningkatkan akesisibilitas informasi manajemen Prodi D3 MI

1. Meningkatkan aksesibilitas data Prodi D3

MI pada jaringan lokal (LAN):

 

a.  Keuangan

Aksesibilitas LAN

b.  Aset/Inventaris

Aksesibilitas LAN

c.  Perpustakaan

Aksesibilitas LAN

2. Meningkatkan aksesibilitas data Prodi D3 MI pada jaringan luas (WAN):

 

 

 

 

 

 

 

a.Mahasiswa

Aksesibilitas WAN

-

b.Kartu Rencana Studi (KRS)

Aksesibilitas WAN

-

c.Jadwal mata kuliah

Aksesibilitas WAN

-

d.         Nilai mata kuliah

Aksesibilitas WAN

-

e.Transkrip akademik

Aksesibilitas WAN

-

f. Lulusan

Aksesibilitas WAN

-

g.         Dosen dan tenaga kependidikan

Aksesibilitas WAN

-

h.         Keuangan

Aksesibilitas WAN

-

i. Inventaris

Aksesibilitas WAN

-

j. Koleksi buku perpustakaan

Aksesibilitas WAN

2.  Memanfaatkan sistem informasi alumni Prodi D3 MI

1.  Me-review sistem basis data (database) alumni Prodi D3 MI

Keandalan database

2. Melaksanakan penelusuran (tracer) alumni Prodi D3 MI berbasis web.

Ketertelusuran alumni

8.

Kerjasama,

Aliansi Strategis

dan Jejaring

1.  Meningkatkan kerja sama antar Prodi D3 MI pada perguruan tinggi lain

Mengembangkan kerjasama Tri Dharma

perguruan tinggi Prodi D3 MI dengan:

 

a. Perguruan Tinggi DN

Jumlah PT-DN

1

1

1

1

1

1

b. Perguruan Tinggi LN

Jumlah PT-LN

1

1

1

1

1

1

2.  Meningkatkan kerja sama Prodi D3 MI dengan institusi/ lembaga non perguruan tinggi.

Mengembangkan kerjasama/kemitraan Prodi D3 MI bidang Tri Dharma perguruan tinggi dengan:

 

a. Institusi/Lembaga Pemerintah

Jumlah Lemb. Pemerintah

7

8

8

9

9

9

b. Badan Usaha Milik Negara

Jumlah BUMN

2

4

4

5

5

6

c. Badan Usaha Swasta

Jumlah BUMS

3

5

5

6

6

7

d. Lembaga Swadaya Masyarakat

Jumlah LSM

2

2

2

2

2

2

e. Organisasi Profesi

Jumlah Org. Profesi

3

4

4

4

4

4

9.

Kemahasiswaan

dan Alumni

1. Perluasan dan Pemerataan Akses Beasiswa Prodi D3 MI

Meningkatkan jumlah mahasiswa Prodi D3

MI penerima beasiswa:

 

a. Sumber eksternal (Ditjen Dikti)

-   Beasiswa PPA

Jumlah Mahasiswa

-

5

5

10

10

15

-   Beasiswa BBM

Jumlah Mahasiswa

 

5

5

10

10

15

-   Sumber internal (YKDP)

Jumlah Mahasiswa

 

3

3

3

3

3

-   Beasiswa Pengembangan Prestasi

Jumlah Mahasiswa

 

3

3

3

3

3

2. Pengembangan Prestasi Mahasiswa Prodi D3 MI (Ko-Kurikuler)

Meningkatkan jumlah penerima dana hibah

Program Kreativitas Mahasiswa:

 

a. PKM - Kewirausahaan

Jumlah Mahasiswa

-

3

5

7

7

9

b. PKM – Gagasan Tertulis

Jumlah Mahasiswa

-

3

5

7

7

9

c. PKM – Artikel Ilmiah

Jumlah Mahasiswa

-

3

5

7

7

9

d. PKM – Penelitian

Jumlah Mahasiswa

-

3

5

7

7

9

3. Pengembangan Prestasi  mahasiswa Prodi D3 MI (Ekstra-Kurikuler)

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Prodi D3 MI berbasis prestasi non-akademik:

 

a. Prestasi olahraga

Jumlah Mahasiswa

0

5

5

5

5

5

b. Prestasi seni

Jumlah Mahasiswa

0

3

3

3

3

3

4. Pengembangan jejaring alumni Prodi D3 MI

1. Penyempurnaan database alumni Prodi D3 MI

Pemutakhiran database

2. Penelusuran (tracer) alumni Prodi D3 MI secara bertahap

 

Jumlah alumni

173

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

Address:
Jl. Mr. Sartono No. 46 Cengklik, Nusukan
Surakarta
Jawa Tengah
57135
Indonesia

 

E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telephone: (0271) 854904, 854803
Fax: (0271) 853084
Mobile Phone Number: 085642360274
  http://www.stie-aub.ac.id